WIDE ANGLE LINS (ilmu photography)

Minggu, 28 November 2010 Label:
TENTANG WIDE ANGLE LINS :
Wide-Angle Lens atau lensa sudut lebar, jenis lensa yang memiliki sudut pandang mulai sekitar 60° hingga 65°, dan dalam kelompok ini terdapat lensa super sudut lebar (super wide angle) dengan sudut pandang sekitar 70° - 85°, lensa ultra lebar (ultra wide angle) dengan sudut pandang
sekitar 90° - 120°, dan lensa mata ikan (fisheye lens) dengan sudut pandang 180° atau lebih.

Contoh Lensa Wide Angle :

Lensa 16mm, lensa 18mm, lensa 24mm, dan lensa 25mm, adalah contoh-contah lensa wide-angle. Yang perlu diingat adalah, semakin kecil angka yang digunakan, maka semakin luas sudut pandangannya. Namun, sudut pandang yang luas akan memberikan kesan lengkung pada hasilnya.

Wide-angle Lens ini kemudian dapat dibedakan atas dua kategori, yaitu Short-focus Lenses dan Retrofocus Lenses. Perbedaan ke-dua jenis lensa tersebut adalah, Short-focus Lens didisain simetris dengan diafragma, sedangkan Retrofocus Lenses sebaliknya. Retrofocus Lenses didisain dengan bentuk yang tidak simetris

Kegunaan :

Fotografer biasanya menggunakan wide angle lens untuk menciptakan kesan lebar pada karya fotografinya, sehingga orang yang hanya melihat dari foto tersebut dapat merasakan keindahan dari pemandangan tersebut.

Selain itu wide angle lens juga berguna untuk foto dokumentasi, khususnya untuk memfoto banyak orang tetapi ruangan terbatas sehingga fotografer tidak dapat bergerak bebas.

Kekurangan :

Adapun kekurangan dari wide angle lens yaitu adanya distorsi, distorsi tidak selalu jelek, untuk beberapa kasus distorsi bisa jadi merupakan hal yang menarik. misalnya lensa 16-35mm.digunakan untuk memotret ruang sempit atau obyek secara utuh ketika dekat dengan pemotret dengan distorsi yang tinggi, tapi untuk memotret wajah dalam jarak dekat, distorsi yang dibuat oleh lensa akan membuat wajah model bentuknya tidak wajar.

Contoh foto hasil wide angle lens:

Contoh foto hasil wide angle lens :

Info lebih lengkap Download aja filenya DISINI

1 komentar:

jack mengatakan...

mantaap artikelnya.. salam kenal...

Posting Komentar

 
FantasyGrafis © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates